Berburu kuliner di Bantul

Hai gaes apakabar … ???

Jumpa lagi dengan tulisan saya, kali ini saya ingin sedikit mengupas tentang kuliner di Bantul yang ternyata banyak ragam nya mulai dari jajanan biasa sampai makanan yang luar biasa.

Jika kalian dulu pernah main ke Bantul mungkin kalian akan heran melihat perubahan wilayahnya khususnya sekarang dimana setiap desa berlomba lomba memunculkan kuliner khas daerah tersebut sehingga setiap desa mempunyai branded kuliner sendiri sendiri, keren kan gaes.. !!!

Ada desa yang khusus menyediakan kuliner olahan daging kambing, ada juga yang khusus menyediakan olahan daging ayam, nah kali ini saya ingin mencoba olahan daging ayam. Untuk itu saya harus pergi ke desa Kalakijo, suatu desa yang rata rata berbisnis kuliner  dengan masakan yang sangat khas yaitu ayam ingkung.

Ada banyak tempat disana yang menawarkan kuliner ayam ingkung, setelah pilih pilih saya menemukan satu tempat yang representatif banget buat memanjakan lidah dan perut gaes, namanya “Ingkung Kuali”. Gaes tahu gak apa arti ingkung? kata ingkung berasal dari kata “ing” (ingsun, saya) dan “kung” (manekung, berdoa) sehingga ingkung merupakan perwujudan sikap sungguh sungguh memohon dan berdoa dengan khidmat.

Ingkung Kuali didirikan secara gotong royong oleh segenap warga Kalakijo dan mendapat dukungan dari Hoshizora Foundation yang mengedepankan prinsip prinsip pemberdayaan masyarakat. seluruh pegawainya merupakan warga asli Kalakijo dan keuntungannya dikembalikan lagi ke masyarakat untuk pendidikan anak anak yang kurang mampu. wooow … kereen banget gaess … !!!!

Ada banyak paket yang ditawarkan gaess tinggal kita pilih sesuai dengan apa yang kita butuhkan, mulai dari paket gathering sampai paket nasi box dengan harga yang sesuai dengan kantong kita gaess.

ini gaess peta lokasinya

peta-ingkung-kuali

Nah setelah pilih pilih akhirnya saya pesan ayam ingkung santan, urap daun pepaya, sambal yang pedas dan minumnya gaess yang super duper seger Es Kelapa Muda dengan gula jawa sebagai pemanisnya … hmmm … kebayang kan gaes betapa nikmatnya.

ingkung-kuali

es-kelapa-muda

urap-daun-pepaya

Sekarang saatnya menyantap ayam ingkung santan, rasanya gurih gurih enak gaess, bumbunya meresap ke daging ayamnya yang lembut bikin kita gamau berhenti mencicipi ayam nya gaess, juga urap daun pepayanya lezat banget gak terasa pahit gaess … cucookk !!!

Gak terasa sampai keringat mulai mengalir membasahi kaos hingga buru buru minum es kelapanya .. hmmm … makyuss banget gaess serasa disiram air es dah gitu kelapa muda nya kenyal kenyal gimana gitu dan manisnya pas banget jadi gak bikin enek.

Oiya gaess soal harga relatif ya, buatku sih harganya gak mahal artinya sesuai dengan rasa serta suasana nya yang sangat representatif banget buat kita isi perut pas lapar.

Ok gaess sampai disini dulu ya, smoga kalian juga berkesempatan mencoba makanan di Ingkung Kuali, amin

Jangan bosan mampir ke blog saya dan baca artikel yang lainya ya gaess … see u byee ..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s