Berburu kuliner di Bantul

Hai gaes apakabar … ???

Jumpa lagi dengan tulisan saya, kali ini saya ingin sedikit mengupas tentang kuliner di Bantul yang ternyata banyak ragam nya mulai dari jajanan biasa sampai makanan yang luar biasa.

Jika kalian dulu pernah main ke Bantul mungkin kalian akan heran melihat perubahan wilayahnya khususnya sekarang dimana setiap desa berlomba lomba memunculkan kuliner khas daerah tersebut sehingga setiap desa mempunyai branded kuliner sendiri sendiri, keren kan gaes.. !!!

Ada desa yang khusus menyediakan kuliner olahan daging kambing, ada juga yang khusus menyediakan olahan daging ayam, nah kali ini saya ingin mencoba olahan daging ayam. Untuk itu saya harus pergi ke desa Kalakijo, suatu desa yang rata rata berbisnis kuliner  dengan masakan yang sangat khas yaitu ayam ingkung.

Ada banyak tempat disana yang menawarkan kuliner ayam ingkung, setelah pilih pilih saya menemukan satu tempat yang representatif banget buat memanjakan lidah dan perut gaes, namanya “Ingkung Kuali”. Gaes tahu gak apa arti ingkung? kata ingkung berasal dari kata “ing” (ingsun, saya) dan “kung” (manekung, berdoa) sehingga ingkung merupakan perwujudan sikap sungguh sungguh memohon dan berdoa dengan khidmat.

Ingkung Kuali didirikan secara gotong royong oleh segenap warga Kalakijo dan mendapat dukungan dari Hoshizora Foundation yang mengedepankan prinsip prinsip pemberdayaan masyarakat. seluruh pegawainya merupakan warga asli Kalakijo dan keuntungannya dikembalikan lagi ke masyarakat untuk pendidikan anak anak yang kurang mampu. wooow … kereen banget gaess … !!!!

Ada banyak paket yang ditawarkan gaess tinggal kita pilih sesuai dengan apa yang kita butuhkan, mulai dari paket gathering sampai paket nasi box dengan harga yang sesuai dengan kantong kita gaess.

ini gaess peta lokasinya

peta-ingkung-kuali

Nah setelah pilih pilih akhirnya saya pesan ayam ingkung santan, urap daun pepaya, sambal yang pedas dan minumnya gaess yang super duper seger Es Kelapa Muda dengan gula jawa sebagai pemanisnya … hmmm … kebayang kan gaes betapa nikmatnya.

ingkung-kuali

es-kelapa-muda

urap-daun-pepaya

Sekarang saatnya menyantap ayam ingkung santan, rasanya gurih gurih enak gaess, bumbunya meresap ke daging ayamnya yang lembut bikin kita gamau berhenti mencicipi ayam nya gaess, juga urap daun pepayanya lezat banget gak terasa pahit gaess … cucookk !!!

Gak terasa sampai keringat mulai mengalir membasahi kaos hingga buru buru minum es kelapanya .. hmmm … makyuss banget gaess serasa disiram air es dah gitu kelapa muda nya kenyal kenyal gimana gitu dan manisnya pas banget jadi gak bikin enek.

Oiya gaess soal harga relatif ya, buatku sih harganya gak mahal artinya sesuai dengan rasa serta suasana nya yang sangat representatif banget buat kita isi perut pas lapar.

Ok gaess sampai disini dulu ya, smoga kalian juga berkesempatan mencoba makanan di Ingkung Kuali, amin

Jangan bosan mampir ke blog saya dan baca artikel yang lainya ya gaess … see u byee ..

Advertisements

KA Malioboro Ekspres

Kali ini saya mengunjungi kota Jogja dengan cara berbeda dari biasanya gaes, saya coba menggunakan transportasi kereta api Malioboro Ekspres Eksekutif yang menurut kabar fasilitasnya tidak beda jauh dengan pesawat terbang.

Seperti biasa saya selalu berangkat lebih awal supaya tidak terburu buru dan bisa santai ngopi dulu biar gak spaneng gaes … hehehe … 

Tepat pukul 07.30 saya tiba di stasiun Kotabaru Malang, stasiun kebanggaan arek Malang sementara sesuai jadwal kereta berangkat pukul 08.25, masih ada waktu untuk santai sejenak sambil ngopi di depot sebelah selatan stasiun.

Tepat pukul 08.15 saya antri masuk didahului dengan pemeriksaan tiket yang dicocokkan dengan KTP, setelah masuk stasiun saya berjalan menuju gerbong KA untuk mencari tempat duduk yang sesuai dengan bording pass. Begitu masuk gerbong eksekutif … Wow … ternyata benar apa yang saya.dengar selama ini gaes ruangan gerbong nya berkelas banget, tempat duduk dengan sandaran yang bisa direbahkan cocok untuk tidur saat kita ngantuk gaes apalagi ada bantal kecilnya yang bisa dipeluk saat kita tidur gaes hehehe…

Satu.lagi yang bikin kita nyaman yaitu jarak tempat duduknya cukup lebar sehingga kaki bisa.leluasa bergerak apalagi dilengkapi dengan pijakan kaki. Ruangannya ber ac sayangnya kurang dingin tapi lumayan juga gaes klo dibanding dengan yang tidak.pakai ac.

Ada lagi gaes fasilitas yang bikin kita nyama yaitu bagasi barang cukup luas sehingga barang bawaan kita bisa ditaruh dibagasi tanpa takut penuh.

Ceritanya kereta sudah berangkat nih gaes sambil rebahan diselimuti udara yang agak dingin saya tak lupa bermain hp, biasa gaes ngeksis dulu disosmed biar gaul gitu hehehe, saking asiknya sampai gak sadar kalo baterey hp mulai nipis. Saya cari cari colokan  eehh ternyata ada dibawah tempat minum jumlahnya dua lagi … mantap gaes, langsung aja hp ku charge, emang cocok banget ni kereta dengan fasilitasnya.

Oh iya gaes untuk masalah makan gimana? Tenang gaes gak usah bingung masalah makan dan minum ternyata ada restorannya gaes dan jika waktu sudah mendekati jam makan maka ada pramugari KA yang menawarkan makanan, untuk masalah harga tentu lebih mahal jika dibandingkan dengan warteg langganan kita. Saya tidak makan karena sudah bawah bekal, saya hanya pesan kopi hitam dengan sesikit gula gaes, maklum kalo gak ngopi gak cerdas katanya hehehe, harga kopinya hanya 8k. Saya agak kecewa sih saat di restoran bukan karena harga kopinya tapi disitupun kita tidak boleh merokok !!! Kalian tentu bisa membayangkan saat kita ngopi pasti juga sambil merokok iya kan. Aah sudalah.

Tak terasa hampir 8 jam gaes perjalanan ini akhirnya sampai si Jogjakarta, Alhamdulillah semuanya lancar.

Oh iya gaes ada beberapa hal yang perlu kita garis bawahi saat naik kereta Malioboro Ekspres Eksekutif ini, yaitu:

  • Kereta ini tidak menyediakan smoking area walaupun direstoran, jika kita kedapatan merokok.maka kita bakal diturunkan.distasiun terdekat.gaes
  • Fasilitas TV sama.sekali tidak.menyala sehingga.kita harus bisa cari hiburan.alternatif.lainnya gaes
  • Karena semua penumpang.pada cari hiburan seperti denger musik akhirnya suasana gerbong berubah.seperti pasar malam gaes … Hingar bingar.., harusnya mereka kalo dengerin musik pake headset dunk biar gak ganggu uang lainnya.

Itu saja.gaes.sedikit catatan buat kita agar.kita bisa.lebih.bijak.lagi saat menggunakan transportasi publik seperti kereta api, selebihnya KA Malioboro Ekspres Eksekutif sudah bagus pelayanannya. Bravo KAI

Akhirnya …..

Assalamu’alaikum Wr Wb

Puji syukur alhamdulillah saya panjatkan kehadirat Alloh SWT yang mana akhirnya saya bisa menulis lagi di wordpress setelah sekian lama vakum karena tidak bisa mengakses blog saya yang lama:

https ://gatotabe.wordpress.com.

Blog ini saya dedikasikan kepada semua orang yang telah rela menghabiskan waktunya untuk saling membantu antar sesama di semua bidang kerja, baik di bidang lingkungan, sosial, ekonomi, budaya, agama maupun bidang kemanusiaan lainnya.

Semoga apa yang ada di blog ini mampu membangkitkan semangat kita untuk selalu berbagi dengan sesama dan juga bisa bermakna bagi hidup kita agar kita selalu berusaha dan berdoa untuk memaknai kehidupan kita ini dengan hal hal yang bermanfaat bagi orang lain, sekecil apapun perbuatan kita dalam membantu orang lain merupakan manfaat yang tak ternilai bagi orang lain, amin. Continue reading “Akhirnya …..”